Minggu, 07 April 2013

Revolusi kembali subjek.

     Cerita ini dimulai saat saya masih di jaman SD alias sekolah dasar. Subjek dalam percakapan yang saya gunain adalah abdi atau urang. Ya, saya emang seorang Sunda. Percakapan sehari-hari semuanya pake Basa Sunda, termasuk di sekolah bersama guru. Maklum juga sih dulu masih tinggal di kabupaten, hehe. Itulah subjek pertama yang saya sebut awal kebangkitan subjek saya. Haha lebay banget ya?.

     Cerita lanjut ke jaman SMP alias sekolah menengah pertama. Subjek berubah drastis menjadi aku. Ini didorong sama keadaan lingkungan yang emang beda banget sama jaman SD. Lingkungan SD dulu emang Sunda banget toh orangnya pun ibaratnya tradisional, alias orang kampung tapi gak kampungan. Sip!. Subjek aku ini bertahan karena emang percakapan sehari-hari hampir seluruhnya Bahasa Indonesia, baik di sekolah maupun di rumah. Ya, di rumah. Waktu SMP, saya tinggal sama Paman & Bibi di kota. Mereka emang biasa pake Bahasa Indonesia sama anak-anaknya alias sepupu saya. Dan rasanya sulit banget nemuin anak atau ngajak ngobrol anak di sekolah pake Basa Sunda. Walaupun sebenernya hampir semua anak Suku Sunda. Entahlah, kenapa kayak gitu. Dan waktu itu cukup nyaman pake subjek aku.

     Saat-saat campuran dateng pas saya masuk SMA. Orang-orang di SMA jauh lebih beragam dibandingkan SMP, apalagi SD. Subjek menjadi double. Aku dan urang. Ya, waktu SMA-lah saya nemuin anak yang emang doyan pake Bahasa Indonesia, dan ada juga yang udah terbiasa pake Basa Sunda. Jadinya ya tiap percakapan disesuaiin sama siapa saya ngomong. Dan ini bertahan juga hingga saya lulus SMA.

     Masuklah PT alias perguruan tinggi atau universitas. Orang-orangnya jauh sangat beragam, bayangin aja dari setiap gugusan pulau ada perwakilannya. Haha, lebaynya gitu. Subjek aku dan urang kembali dipakai. Namun, ada satu subjek tambahan yaitu gua. Nah awalnya, subjek gua, saya pake kalo emang ngobrol sama anak yang emang pake subjek itu juga. Ya, biar enak. Sebenernya gak nyaman juga sih pake subjek itu. Tapi ya gimana, ya sekedar adaptasi. Tapi, lama-kelamaan subjek gua dipake hampir setiap saat bahkan sama siapapun. Ini menjadi kebiasaan. Candu juga ibaratnya. Padahal saya dulu cukup anti dan suka sebel sama orang non Jakarta yang ngomong gua. Saya anggep yang emang ngomong gua itu cuman cocok diucapin sama orang Jakarta. Umm, yang notabene selalu dikatain gaul. Dulu sih. Hehe. Tapi seiring waktu yang berjalan, saya jadi susah lagi ngeganti subjek ke subjek sebelumnya.

     Nah, tadi dapet ilham buat ngeganti subjek jadi saya aja. unik banget kan jarang-jarang anak muda ngomong sehari-hari pake subjek saya. Dan saya rasain unik dan keliatannya keren pas denger waktu itu ada cewek sama cowok ngobrol pake subjek saya. Lucu juga. Nah, semoga saya bisa konsisten ganti subjek gua menjadi saya. Hambatannya pasti pas harus ngobrol sama orang-orang yang pake subjek gua. Okelah, seperti kata pepatah "There is a will, there is a way. You'll never know, if you never try.". Ganbatte yo! :D
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar