Sabtu, 27 April 2013

Karena tak ada orang yang sempurna di dunia.


     "Nobody is perfect". Pepatah ini pastinya udah sering kita denger sebelumnya, iya bukan?. Memang begitulah kita. Gak ada kebaikan tanpa keburukan. Gak ada kelebihan tanpa kekurangan. Gak ada kekuatan tanpa kelemahan. Itu karena kita semua sejatinya gak ada yang sempurna. Gak ada manusia yang sempurna di dunia.
     Pernah gak kamu ngerasa kalo kekurangan kamu bisa jadi penghambat dalam kehidupan kamu?. Saya pernah, dan terkadang selalu dateng sekejap hingga saat ini. Sebagai orang yang emang ngaku memiliki kekurangan, saya selalu mikir. Apa mungkin kekurangan ini akan menjadi penghambat saya nantinya?. Dan terkadang ini bisa terlalu melemahkan saya. Gak jarang loh saya sampe down karena mikirin hal ini. Tepatnya dulu. Mungkin buat orang yang udah mengenal saya, mereka pasti tau apa kekurangan saya, seenggaknya secara fisik.
     Hal inilah yang bikin saya "terasing" di masa lalu. Dan hal ini masih melekat sama pikiran dan memori saya. Sulit untuk dilepas, bagaimanapun. Tapi sebisa mungkin saya ngelupain memori ini. Jangan salah loh ya, saya pernah dihina. Psikologi saya bener-bener down waktu itu. Tapi saya selalu berfikir, buat apa saya selalu begini?. Kenapa saya selalu membayangkan sesuatu hal yang bisa aja gak akan pernah terjadi?. Hati saya berontak. Seenggaknya di masa SMP hingga SMA, hati saya selalu berontak. Saya harus berubah, cepat!. Bukan berubah jadi power ranger atau ultraman ya. Tapi berubah secara mental!. Ya, mental. Udah bukan waktunya lagi mental tempe melekat sama diri saya. Itu yang selalu saya camkan sama hati saya.
     Suatu ketika entah kapan lupa, hehe, saya pun merubah mindset saya. Bahwa emang bener kalo nobody is perfect. Toh kekurangan saya gak nyebabin orang lain rugi secara fisik apalagi material. Optimis yang selalu saya tekanin lagi. Walaupun terkadang, suka goyah lagi. Tapi kalo diinget lagi, ini justru bakal ngerugiin diri saya sendiri. Akhirnya saya kuat lagi. Dan itu selalu terjadi. Sulit emang, tapi gak ada hal yang terlampau sulit kalau kita berani mencoba dan optimis. Pepatahnya, you'll never know if you never try. Gitu...
     Gak ada kekurangan tanpa kelebihan. Nah, kita masih punya kelebihan kok! Buat hal ini menjadi penguat kita. Gak semuanya dalam diri kita ini isinya kekurangan semua. Ada kelebihannya!. Kita mempunyai kelebihan yang berbeda setiap orangnya. Kita itu unik!. Jadi buat apa kita masih menitikberatkan sesuatu sama kekurangan kita?.
     Satu lagi yang bisa nguatin saya. Dialah Tuhan. Tuhan itu Maha Adil. Saya percaya itu. Dia menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jikapun banyak kekurangan, itu semata karena Dia ingin menguji kita apakah kita akan menjadi kuat apa lemah. Dan saya memilih untuk jadi kuat.
     Terus apa sih maksudnya saya nulis ini?. Sebenernya saya ingin memberi sedikit penguat buat temen-temen yang masih aja pesimis, masih aja terpuruk, masih aja kejebak sama kekurangan masing-masing. Saya hanya ingin berbagi pengalaman. Ubahlah diri kalian menjadi pribadi yang kuat. Kuat ini bukan dalam arti kamu mampu ngangkat truk atau apa ya. Tapi ini perihal mental. Percayalah, kekurangan kamu itu bisa jadi kelebihan kamu. Percayalah kasih Tuhan. Percayalah bahwa kamu mampu apapun dengan segala kekurangan yang ada pada kamu. Optimis. Percaya diri. Kamu punya kelebihan yang orang lain gak punya!. Don't ever let your heart fall down. Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar