Senin, 08 April 2013

Kenapa kamu mesti milih IPB?!


Logo IPB.
    Selamat malam. Sebagai seorang mahasiswa yang baik dan kece kurang afdhol rasanya kalo saya gak banggain kampus sendiri. Institut Pertanian Bogor atau IPB, itulah kampus saya. Sekarang mumpung lagi ada ilham buat nulis, saya mau nyoba ngasih ilham (bukan ilham temen saya atau temen kamu ya, tapi ilham pencerahan) sama kamu dikit. Ini tentang kenapa kamu mesti milih IPB sebagai kampus masa depan kamu?! Ya, sebenernya tulisan ini ditujuin buat adik-adik yang masih bingung antara persimpangan (haha lebay) memilih kampus apa. IPB lah. Ada beribu alasan kenapa kamu mesti milih IPB, diantaranya adalah:
Kampus IPB Darmaga
1. IPB merupakan salah satu kampus yang paling bagus. Dan kini hingga tahun 2018 mendatang, IPB terakreditasi A menurut SK BAN-PT: 067/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013. BAN-PT itu badan pemerintahan loh bukan LSM atau organisasi ecek-ecek. Dan kamu tau gak? cuman 5 perguruan tinggi negeri (PTN) yang dapet akreditasi A di Indonesia. Sementara perguruan tinggi swasta (PTS) ada 3. IPB berhasil memperoleh nilai 375 dari total 400 poin. Hal ini menempatkan IPB di posisi KE-2! Keren kan?
2. IPB juga merupakan kampus terhijau kedua di Indonesia dan ke-27 di dunia. Penilaian ini diberikan oleh UI GreenMetric ranking of World Universities 2012. Kamu bisa rasain sendiri, kalo IPB emang kampus hijau (walaupun gak sehijau dulu). Ada banyak arboretum juda di sini. Diantaranya adalah Arboretum Bambu, Arboretum Lansekap, Arboretum Cikabayan, dan Arboretum Fakultas Kehutanan. Rasakan sejuknya berada di sini. Adeeem, apalagi kalo dini hari sampe subuh. Hehe. 
IPB The Green Campus.
3. Sepanjang tahun 2012, ada banyak prestasi IPB. Pertama adalah juara kedua di PIMNAS XXV. Terus dapet penghargaan Museum Rekor Indonesia (Muri) karena nemuin beras non padi pertama. IPB pun mencatatkan diri sebagai perguruan tinggi dengan registrasi dan perolehan paten terbanyak di Indonesia pada Direktorat Hal atas Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM. Adapula perwakilan mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, berhasil menjadi juara dua dalam kompetisi ilmu dan teknologi pangan International Developing Solutions for Food Technology di Las Vegas, USA. Dan masih banyak prestasi lainnya. Ini membuktikan kao IPB merupakan Kampus Berprestasi.
Department Colour of IPB.

4
. Walaupun dari nama ada "pertanian"-nya, tapi bukan berarti hanya ada Fakultas Pertanian aja disini. Seenggaknya ada 9 Fakultas pada jenjang S1 di IPB. Diantaranya adalah Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dan terakhir Fakultas Ekologi Manusia. Ditambah dengan jenjang Diploma (D3) dan Pascasarjana (S2).
5.  Turunan dari fakultas ada lagi departemen. Departemen itu semacam jurusan. Nah di IPB, seenggaknya ada 36 departemen. Tiga terfavorit pada SNMPTN 2012 kemarin adalah #1 Ilmu Gizi dari FEMA, #2 Manajemen dari FEM, dan #3 Ilmu Teknologi Pangan dari FATETA. Sementara Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (alias departemen saya sendiri) berada di terfavorit #17. Sweet seventeen. Hehe.
Asrama Putra TPB C-4 Sylva, asrama saya dulu.
6. Pada tahun pertama di IPB, kamu gak perlu repot-repot nyari kostan. Kenapa? Soalnya kamu bakal disediain alias diwajibin tinggal di asrama. Asrama ini dibagi menjadi Asrama Putri TPB (ada 5 gedung) dan Asrama Putra TPB (ada 4 gedung). Di asrama ini kamu bisa nemuin banyak temen dari berbagai latar belakang yang berbeda, dari suku hingga agama. Dari Sabang sampe Merauke, kamu cuman bisa dapetin segala pelajaran dan keunikan ini di asrama. Cobain deh easain sensasinya! Haha.
Scholarship of IPB
7. Jangan pernah putus asa buat kamu yang ngerasa kurang dalam hal finansial. Kenapa? Karena IPB menyediakan berpuluh-puluh beasiswa buat kamu yang ngebutuhin. Gak cuman beasiswa yang notabene buat mahasiswa yang kurang dalam hal finansial, tapi ada banyak pula beasiswa buat mahasiswa yang berprestasi. So? buat apa kamu ngerasa minder? Gak ada gunanya. Masa depan kamu lebih berharga daripada rasa minder yang ada dalam diri kamu!
8. Prospek kerja lulusan IPB? Umm jangan ditanya. Banyak bangeeeeeeeet! Lulusan IPB bisa jadi presiden? Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, ya beliau adalah lulusan IPB loh. Selain itu alumni IPB adapula penyair dan penulis, Taufiq Ismail; mantan menpora Adhyaksa Dault; Andi Hakim Nasution yang namanya jadi nama Rektorat IPB, dan lain sebagainya. Jadi, kuliah di IPB, kamu bisa kerja apa aja dan dimana aja. Halal dan baik pastinya! Hehe.


     Mungkin itu gambaran sedikit dari saya berbagai alasan kenapa kamu harus memilih IPB. Jangan galau lagi ya milih IPB sebagai kampus masa depanmu. Kampus IPB sejatinya dulu dipanggil sebagai kampus rakyat. Hal ini karena IPB sejatinya pula didedikasikan sepenuhnya untuk pengabdian kepada rakyat. Oke, terpenting kalian tetap semangat belajar dan siap menghadapi UN. Pada SNMPTN jangan segan milih IPB (haha tetep). Dan apapun pilihan departemen yang kalian minati semoga itu yang terbaik. Kami tunggu kalian di IPB! :)

-Agung Gunadi Andrian-

12 komentar:

  1. prospek keja dari konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata sendiri gimana aja yah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dek maaf baru bisa bales ya. Prospek kerjanya bisa jadi peneliti, dosen, surveyor,wirausaha di bidang ekowisata, masih banyak lagi. Pastinya, asik banyak wisatanya kita!

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. hai kakak, mau tanya prospek kerjanya kshe itu apa? apa kira2 bisa kerja di NGO (National Geographic Organization) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dek maaf baru bisa bales ya. Prospek kerjanya bisa jadi peneliti, dosen, surveyor,wirausaha di bidang ekowisata, kerja di LSM pun bisa. NGO kan LSM juga, bertahap dari NGI baru ke NGO. There's a will there's a way! Semangat ya!

      Hapus
  4. Ka akreditasi fkshe th 2017 apa?

    BalasHapus
  5. hallo kak mau tanya-tanya nih,kalo konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata itu emang harus dari jurusan ipa ya pas sma nya??,terus kalo yang dari smk gimana kak bisa enggak ambil jurusan itu?

    BalasHapus
  6. Kak mau tanya, bedanya kalo jurusan kons.sdh dan ekowisata sama silvikultur itu apa?
    Tes kakak tau nggak manajemen sumberdaya lahan itu entar prospek kerjanya gimana aja, soalnya kayakny msl jarang diminati gitu kaj

    BalasHapus
  7. Kak mau tanya, bedanya kalo jurusan kons.sdh dan ekowisata sama silvikultur itu apa?
    Tes kakak tau nggak manajemen sumberdaya lahan itu entar prospek kerjanya gimana aja, soalnya kayakny msl jarang diminati gitu kaj

    BalasHapus
  8. Selamat sore, apakah di ipb untuk mahasiswa yang masuk melalui test snmpt(jalur undangan) dan sbmptn ( jalur tulis) ada pembedaan dalam segi belajar atau yang lain nya? Trimakasih.

    BalasHapus
  9. Siang kak, kak mau tanya, prospek kerja untuk program D3 program keahlian teknologi produksi dan pengembangan masyarakat pertanian itu gmna kak? Mksih kak. ☺

    BalasHapus
  10. Siang kak. Kak mau tanya. Prospek kerjanya untuk program D3 program keahlian teknologi produksi dan pengembangan masyarakat pertanian itu apa ya kak? Mksih kak. ☺

    BalasHapus