Sabtu, 06 April 2013

Bara ku sayang, Bara ku malang.

     Ngomongin kehidupan seorang mahasiswa gak afdhol rasanya kalo gak nyerita kost-an atau kontrakannya. Ya, semenjak keluar dari Asrama Sylvalestari atau sekarang namanya Asrama C4 Sylva, dengan terpaksa (haha lebay) gua mulai beralih hunian. Bersama sembilan teman se-asrama gua akhirnya bisa ngontrak rumah di sekitar kampus IPB Darmaga.
     
     Oh iya, buat lu yang baru masuk IPB, tenang aja, setahun pertama lu hanya perlu diem di asrama, stuck di situ dengan peraturan yang ada. Hahaha. Nah, kalo udah setahun alias lu kelar semester 2 baru lu bisa pindah nyari kostan atau kontrakan. Tapi inget, nyari kostan atau kontrakan itu harus jauh-jauh bulan sebelum lu bener-bener "diusir" dari asrama! Camkan!. Jangan sampe seminggu sebelum minggat lu baru nyari. Boro-boro dapet kostan enak, kostan yang kamarnya cuman 1x1 pun dijamin susah! (Hahaha yaiya masa ada -,-). Intinya prepare secara mantap dan akurat!


     Lalu, dimanakah kost-an atau kontrakan yang enak di sekitar Kampus IPB Darmaga?. Enak itu relatif sih pastinya beda-beda tergantung orangnya. Buat gua yg bawaannya simple gak mau repot, ya pilihan tepat itu di Bara. Bara itu akronim dari Babakan Raya, yang emang dari kapan tau udah nelah sama kata Bara. Alesannya sih biar deket kemana-mana. Bara itu ibaratnya metropolitannya Kampus IPB Darmaga. Ke kampus deket. Kalo pedestrian? udahlah jangan ditanya. Semua pusat jajanan balatak di sana. Ya, keadaan demikian pastinya sejalan sama pengeluaran kita. Khususnya awal bulan. Hahaha, enggak gitu jiga sih. Itu mah tergantung orangnya mau hemat apa mau glamor!

Jalanan Bara (Sumber: pyandri.wordpress.com)

     Selain Bara, ada juga Bateng (Babakan Tengah), Balebak (Babakan Lebak), Balio (Babakan Lio), Badoneng (Babakan Doneng), Radar (Raya Darmaga), Cibanteng, DR (Dramaga Regency), Perwira, bahkan hingga yang elit sekalipun yaitu Pakuan Regency (PR) atau Dramaga Cantik (DC). Itu semua letaknya disekitar Kampus IPB Darmaga. Terserah lu mau dimana, enaknya dimana, dengan kondisi lingkungan, budget, dan fasilitas yg udah disedain. Nah, berhubung gua tinggalnya dari semseter 3 hingga 6 (sekarang) di Bara, jadinya gua mau nyerita tentang Bara aja. Oke. 

     Bara ku sayang, Bara ku malang. Bara, itu nama yang terkenalnya dibandingkan Babakan Raya. Mungkin, karena pada Bara pengucapannya lebih simpel. Iya sih. Bara ini letaknya bisa dibilang sangat strategis. Gimana enggak, mau ke kampus deket, mau ke pedestrian atau wiskul pun emang tempatnya seperti yang udah gua bilang sebelumnya. Pagi, siang, sore, malem, bahkan dini hari disini tuh hidup banget walopun kalo dini hari hidup sama warkopnya. Seenggaknya kalo dini hari ada 4 warkop yang berjaga. Jadi, jangan takut kelaperan! Haha. Buat transport, pun dijamin sepanjang Bara bisa ditempuh pake angkot. Apalagi kalo motor mah!. Ya tentunya, gak sampe masuk-masuk gang juga. Nah, jadi Bara ini modelnya komplek ber-gang gitu seperti wilayah pada umumnya. Bara punya 6 gang. Dari Bara 1 hingga Bara 6. Dan antara kebetulan dan gak kebetulan juga, gua ngontrak di Bara 2. Deket banget sama Jalan Raya Dramaga. Enak banget. Dan buat soal pencurian, di Bara 2 ini bisa dibilang jarang. Beda sama wilayah lain, contohnya Balebak. Tapi kurang tau juga kalo Bara-Bara lain. Tapi yg pasti bisa dibilang aman, kalo kita sendirinya pun mampu menjaga! Gitu kan? hehe. Itulah Bara ku sayang!

     Bara ku malang!. Banyak orang yang bilang Bara itu kumuh, sarang bibit penyakit, jorok, dan lain sebagainya. Tentu saja ini mereka bilang bukan tanpa berdasar. Ini emang berdasar banget kalo diliat dari kondisi Bara khususnya sepanjang jalan umumnya. Kalo lu sering liat got di Bara, euh joroknya minta ampun. Numpun banget limbah-limbah di situ. Secara kan di situ banyak limbah makanan dari warteg yang dibuang gitu aja. Saking numpuknya makanya jadi gak ngalir! Apa emang karena kontur gotnya yang bikin itu gak ngalir? entahlah. Akibatnya pun jadi banyak tikus got yang berkeliaran. Dan lu tau itu segede gimana? Ampuuuun deuh gede banget macem induk marmot atu anak kelinci!!!

Jalanan Bara saat Sunday Shocking Market (Sumber: wisata kompasiana.com)
     Dari situ orang jadi nyebut Bara itu ya kaya yang gua bilang tadi. Tapi berhubung Bara itu bentuknya gang, jadi kostan ataupun kontrakan itu tentunya ada di dalem. Agak jauh bahkan jauh dari jalan umum. Keadaannya pun cukup bersih emang, jauh lebih bersih dari jalan umum Bara. Pinter-pinter kita aja nyari kostan atau kontrakan yang nyaman. Dan gua ngerasa selama ini gua cukup nyaman tinggal di Bara. Semuanya terserah pada Anda! hahaha (Berasa promosi). Oh iya, keunikan Bara yang lain, cuman di Bara ada Shocking Market alias Pasar Kaget tiap hari minggu!. Haha. Okelah, semua tempat pasti punya kelebihan dan kekurangan, balik lagi sejauh mana kita bisa nerima hal tersebut dengan bijak. Gitu aja sedikit gambaran tentang Bara. Bara ku sayang, Bara ku malang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar