Sabtu, 12 Oktober 2013

Gundah Penelitian


     Udah sifatnya manusia itu gak pernah mau puas dengan apa yang udah diterima. Termasuk saya. Bersyukur sih bersyukur tapi tetep weh selalu ingin lebih. Tepatnya bukan lebih sih, tapi apa ya? susah buat dijelasin. Bukannya gak mau buat ngejelasin, tapi ya emang susah rasanya buat dijelasin secara jelas sejelas-jelasnya. Jadi singkat cerita gini...
     
     Kemaren-kemaren saya sempet bingung nentuin topik penelitian. Namun akhirnya berhasil dapet suatu topik yaitu (eh rahasia entar diambil sama yang baca :p). Dan kemaren itu sempet galau tempatnya dimana. Tapi untunglah dapet link ada suatu Zoo Park di daerah Jawa Barat yang tergolong masih baru. Yokatta, setelah kesana (alias survey) pun, pengelolaanya open banget dan ramah sama saya. Mungkin emang aura saya yang membuat orang jadi ramah ya hahaha.


     Udahlah survey dilakukan dengan hati riang gembira. Kembali ke perantauan di Bogor, siap ngerampungin proposal penelitian. Tapi, tetiba entah kenapa pas lagi nyoba nyusun di dalam kesunyian perpustakaan, hati jadi gundah. Awalnya, heart beats faster. Tiba-tiba beralih ke mata menjadi kunang-kunang, kemudian kepala jadi berat. Jatuh tersungkur, dan lalu kejang-kejang (oke ini lebay, abaikan!).

     Pas lagi nyusun itu, tetiba kepikir buat memperluas topik bahkan ganti topik aja. Dan itu gak mudah kalo nambah bahasan, harus nentuin pembimbing yang dari laboratorium sebelah. Ya, ada lah laboratorium yang namanya menyenangkan, tapi dosen-dosennya tidak sedemikian rupa (punten pak bu minal aidzin wal faidzin).

     Nah, kalo ganti topik pastinya harus ngerombak seluruh proposal dan bahasannya pun belum tentu ada di daerah tujuan saya. Ya, niatnya saya pengin penelitian di kota kelahiran saya aja, Kota Sukabumi. Sukabumi, kota indah~ dan asri~ (itu lagu walikota dulu). Tapi, belum survey sama sekali, bisa aja gak ada yang bisa dibahas di kota tercinta ini. Belum lagi kalo emang ada, metodenya pasti lebih hese bin rumit nan runyam. Ah, dalam kesunyian perpus saya masih terombang-ambing kegalauan.

     Gundah penelitian. Ya, rencana penginnya lulus cepet mesti terhambat ama kegalauan yang begini. Sungguh memilukan. Tapi beruntung, pada saat itu wifi di perpus lagi kece banget, akhirnya apa?. Akhirnya pelampiasan dilakukan dengan mendonlot filem Conan sebanyak, sepuas, segila, seedan, sekuat, se.. apalagi pokoknya gitulah. Akhirnya kegalauan saat itu berakhir dengan donlotan filem Conan yang terpampang di laptop ini. Ah, Terima Kasih Ya Allah. Kau memberikan kemudahan setelah datangnya kesulitan. Hahaaha.

     Oke, tulisan saya emang kadang enggak banget. Tapi kalo gak dicurahin gini rasanya suka mendeg di palung hati. Palung hati terdalam ini. (Oke semakin gak jelas). Daripada makin gak jelas, saya pamit aja ya. Sekian kegundahan saya dalam penelitian nanti. Atas atensinya, saya ucapin terima duit. Wasalam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar