Sabtu, 31 Agustus 2013

Penelitian apa dong?

     Bersamaan dengan turunnya hujan yang dari tadi siang hingga tengah malem ini gak reda-reda, akhirnya meyulut kekalutan di hati. Bukan karena perihal asmara, tapi perihal status saya yang lain. Ya, kebetulan atau enggak kebetulan saat ini saya tergolong pada kaum mahasiswa tingkat akhir. Oh, kalo udah kayak gini waktu berasa jalannya cepet banget, tapi pas udah dijalanin mah kadang berasa hupir juga alias ripuh. Tapi, sebagai seorang lelaki yang pantang menyerah dan tangguh (iya gitu?), live must go on dan harus terus dihadapi! *tsaaah
Borrow from sianakmuda.worpress.com
    
   Terus maksudnya apaan nih? kalo udah statusnya mahasiswa tingkat akhir kenapa? katakan! katakan fernando! stop alfonso! marimar! (konflik telenovela). Ya, you know lah kalo udah tingkat akhir tentunya pastinya gak akan terpungkiri adanya tugas akhir yang harus dikerjakan. Tugas akhir ini tak lain dan tak bukan adalah skripsi yang asal muasalnya dari hasil penelitian. Gitu. Nah, masalahnya gimana suatu skripsi mau tercipta kalo penelitiannya aja tidak ada dikarenakan gak ada taufik alias topik! Nah loh. *mewek di pojokan

   
Penampakan Kijang
sumbernya dari BKSDA
    Usut diusut sebenernya bukan gak ada topik sih. Ada itu juga ada. Tentang penangkaran kijang. Kenapa penangkaran? kenapa kijang? kenapa?. Iya jadi gini, pertama, berhubung bidang ilmu saya ilmunya yang begituan makanya ngambil itu topik. Kedua, saya tertarik sama satwaliar agak males kalo mesti ngambil datanya ke lapang langsung. Bukannya cupu dan lemah dan lelah nan tak bergairah, tapi kalo saudara-saudara tahu, ngambil data satwa ke lapang itu belum tentu dapet. Nemu satwanya aja udah sulit apalagi ngambil topiknya eg pakan, penyebaran, dll. Nah, jadi saya mau yang simpel aja tinggal dateng ke pusat konservasi atau ke penangkaran. Kan lebih enak (kayaknya sih..). Terus kenapa kijang?. Iya jadi kijang itu saya suka aja. Pertamanya sih kesian, soalnya banyak yg dikonservasi itu termasuk di penangkaran adalah rusa. Padahal kijang ibaratnya nenek moyang rusa. Rusa aja pabalatak (re: ada dimana-mana), masa penangkaran kijang aja langka?. Nah itulah alesannya. Gak ribet kan? (Iya semoga amin *sujud)

TM Ragunan. Pinjem dari lintasjakarta.com
     Ceritanya, proposal penelitian sih udah dari kemaren disusun ya nyicil lah. Kata orang kan biar sedikit yang peting halal (apa hubungannyaaaa?). Dengan kesoktauannya saya, di proposal saya nentuin tempatnya itu di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Itu kan salah satu lembaga konservasi yang lumayan kece tuh. Jadi objeknya kijang tempatnya di Ragunan. Okesip. Selang beberapa bulan kemudian hingga saya bewokan. TERNYATA........ Apa yang terjadi? pas saya nyoba survey ke TKP, satwa idaman objekan saya gak ada saudara-saudara! Ya Allah hampuni Baim Ya Allah. Drop lah disitu udah hampir mau ngakhirin aja kuliah, mau udahan aja, mungkin bisa cuti juga, karena udah putus asa (Padahal enggak segitunya juga sih). Kijang tuh gak ada di Ragunan, tapi ada hal yg mengganjal hingga kini. Di kandang kangguru, ada semacam ungulata (sukunya si kijang dan rusa, dll) yang mirip dan terduga (macem tersangka) kijang. Wallahu alam bisawaf tapinya soalnya waktu itu saya gak sempet nanya petugas. Tapi dari hasil penelusuran otodidak tak didapatkanlah itu sosok kijang idaman. *mewek lagi di pojokan


Nih sosok yang diduga Kijang di kandang kangguru di Ragunan.  Sumber:  saya sendiri hehe

     Beberapa waktu setelah kejadian tersebut, akhirnya saya memutuskan buat ganti lokasi aja. Dapetlah saran dari sobat saya di kelas buat ngambil Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta aja. Kata doi disana ada kijang, dan doi katanya kata senior dan website dari si itu bonbin. Beda sama Ragunan yg gak punya website (penonton kecewa). Tapi dari segi jarak, waktu, biaya, dan tenaga tentunya gak bisa dipungkiri dan gak bisa dihindari pastinya memerlukan hal yang lebih. Belum lagi kalo ada data yg kurang, masa mesti balik lagi. Tuh kan akhirnya saran ini dipending dulu. Sampe sekarang ini lokasi masih jadi pendingan di otak. -_-"
KBGL di Yogya. Sumber dari jogjaicon.blogspot

     Nah, masih ada satu kesempatan lagi lembaga konservasi yg deket rumah. Itu Kebun Binatang Bandung. Tapi ini juga belum tau apa disini ada kijang atau enggak. Lagian ini bonbin sama kayak Ragunan gak punya official websitenya jadi mau gak mau mesti survey langsung. Hal inilah yg belum kesampean hingga sekarang. Berhubung waktu dan biaya sebenernya. Niatnya sih udah lebaran kemaren mau kesini, tapinya eh ada aja gangguannya gak bisa lagi gak bisa lagi. Ya Allah tolong Baim Ya Allah. Teruuus, belum lagi sempet survey eh kemaren ada berita di TKP katanya lagi ada problem. Ada yang bilang bangkrut lah, ada yang bilang belum bayar pajak lah, pokoknya kesannya bermasalah aja. Tuhkan, sedih lagi lokasi incaran yang satu ini hampir bisa dipastiin gak bakal diambil (takut terjadi apa-apa pas entar lagi penelitian). *mewek lagi tapi gak dipojokan, sekarang mah dibalik selimut aja. dingin coooy hehe

KBB di Bandung. Sumber wikipedia
     Kijang, dari awal udah jatuh cinta sama satwa ini. Walaupun orang pasti bilang haha kayak nama mobil. Tapi ya mau gimana lagi. Belum lagi orang awam yg bilang, tuh kijang mah pabalatak di Emperannya Istana Bogor. Itu mah rusaaaaaa bukan kijang. Emang mirip sih tapi tetep weh beda. Terus lokasi alias TKP penelitian ini masih belum jelas pula mau dimana. Topiknya sih insyaAllah udah fix. Tapi.. tapi.. tapi.. Toloooooooooong *tetiba mulut kemasukan lalat *batuk-batuk *muntah darah *hueks alay

     Ada lagi nih yang miris. Karena putus asanya sama si Kijang, sempet kepikiran buat ganti obyek aja. Iseng-iseng buka grup di Facebook, eh ada tawaran penelitian tentang trenggiling, lokasinya di kampus, dibantuin lagi penelitiannya. Enak banget itu mah. Diliat waktu postingannya itu beberapa hari yang lalu, yaah kecewa. Pas nyoba komen, eh ternyata udah ada yg daftar dan minat duluan. Gatot markotot deh. Haduuuuuh. Hupiiiiiir. Belum lagi di timeline twitter, banyak following alias temen2 gua yang pada seneng abis wisuda lah sidang lah dan lain sebangsanya. Kan nambah bete, enggak juga sih seneng kok seneng. Selamaaaat rekan-rekan sukses ya! :D (dalam hati menangis). Pada ngabibita pokoknya, ya mereka D3 sih tapi tetep weh. 
sumber keepcalm-o-matic.co.uk

     Tapi ini juga jadi motivasi sih buat saya lulus cepat dan tepat. Walaupun banyak partner yang bilang, "elaaah selow aja nikmatin", ada juga,"buru-buru amat pengen cepet lulus aja", terus ada juga,"senior lu aja masih banyak yg belum lulus". Ya bukan maksud mendahului dan maksud picik lainnya, alesan terbesar saya pengin lulus tuh karena pengin mengakhiri penderitaan orangtua aja. Kesian bro, maklumlah saya masih pake Yayasan Ayah Bunda (YAB). Jadi ya dengan cepet lulus harepannya sih bisa cepet dapet kerja dan biayain hidup sendiri. sesimpel itu kok.

     Masalahnya sekarang gimana nih, minta saran dong saudara-saudara, saya harus mertahanin itu obyek si Kijang dan ngambil lokasi di Gembira Loka ataaaaau ganti topik aja. Tapi apa? ada yang punya saran? Saya butuh saran nih. *hope dengan mata berbinar-binar macem cherrybelle. Semoga saya dapet saran ataupun Ilham dari Allah seudah ini buat nentuin penelitian saya nantinya. Oke, see you reader! *kecup basah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar