Minggu, 13 Oktober 2013

Semakin Bertambah Umur Semakin Bertambah Jarak


     Berawal dari kata-kata seorang guru SMA yang bilang, semakin tua semakin sibuk. Belum lagi kata senior di kampus yang bilang, semakin tingkat atas semakin tinggi keegoisannya. Awalnya sih percaya gak percaya dan terkesan bodo amat gitu. Tapi, faktanya hal tersebut saya alamin sekarang. Di usia yang bukan lagi belasan dan status bukan lagi anak remaja, saya ngerasain hal ini.

     Kisah bermulai dari persahabatan saya semasa SMA (insyaAllah sampe sekarang dan sampai kapanpun). Semenjak lulus dari bangku SMA, kita jarang banget buat kumpul. Kalaupun kumpul itu cuman hari-hari libur gede, misalnya pas mau Idul Fitri. Itupun biasanya gak lengkap bersepuluh orang. Paling cuman 7, banter-banter 9. Nanggung banget emang. Sayangnya Idul Fitri kemaren saya gak bisa ngumpul bareng mereka. Soalnya Idul Fitri kemaren saya ngerayainnya di pulau orang. Sampe sekarang nih, belum kesampean buat ngumpul.

     Apa sih susahnya ngumpul doang? Ya, mungkin kalau seandainya kami semua tinggal di tempat yang sama sekarang, buat ngumpul bareng pasti gak susah banget. Bisa malem-malem kek, kalo perlu dini hari tuh ngumpul di bar (huahaha dikata mau dugem). Tapi apa daya, kita terpisah sama jarak dan waktu (beberapa menit doang sih). Bermula dari saya, Jurig, dan Oe yang merantau di Buitenzorg. Madun dan Omas di Jekardah. Gege di Bekasi. Putra dan Musang di Kota Kembang. Cuman Synis sama Ebi yang betah di Sukabumi.

     Bedanya status kamipun sebenernya mau gak mau, gak bisa dipungkiri jadi penghambat. Mahasiswa sama Pegawai. Sesama mahasiswa aja buat ngatur waktu kosong bareng udah susah, apalagi sama yang statusnya pegawai. Mesti cuti? sayang banget kalo buat kumpul doang. Tapi mungkin itu hal bijak jika pas pada waktunya. Jarak misahin kita. Adapun itu yang namanya hp ataupun medsos nyatanya juga sulit buat dikembangin. Entah mengapa.

    Itu baru bahasan dari sahabat-sahabat saya semasa SMA. Ini belum lagi temen-temen dari sejurusan di kampus. Persaudaraan dan kesolidan di kampus, jurusan saya ahlinya. Emang itu nyatanya. Bisa dikatain gak ada yang seerat "persaudaraan" selain jurusan kami di kampus. (Ini gak semabarangan loh, saya pernah ngebandingin sama beberapa jurusan lain di kampus). Tapi, seperti kata pepatah "Tak ada gading yang tak retak". Seerat-eratnya rasa itu, tetep weh ada boroknya. Keegoisan mulai terlihat ketika kami udah semakin naik ke tingkat atas. Udah jarang banget ngobrol, kumpul bareng, bahkan kesannya kadang terlihat seperti pada track masing-masing. Udah pada mikir masa depannya sendiri-sendiri.

     Bagus sih itu emang harus dilakuin, soalnya kalo gak visioner bisa-bisa gak lulus-lulus, hehe. Tapi tetep aja saya sendiri ngerasa itu gak seharusnya terus dilakuin. Cuman mementingkan diri sendiri itu gak akan pernah baik buat kita. Sesekali kita harus peduli terhadap orang di sekitar kita. Seenggaknya sama orang yang dulu ada buat kita.

     Emang gak bisa dibantah, kalo semakin bertambah umur semakin bertambah jarak. Bukan hanya jarak dalam arti yang sebenarnya saja. Bisa jadi jarak konotasi, bisa chemistry, kepedulian, perasaan, ataupun yang lainnya. Visioner boleh visioner. Tapi kita jangan pernah menjadi sebuah kacang yang lupa kulitnya, atau menjadikan orang lain bagai sepah yang dibuang setelah kita mengambil manisnya. Bagaimanapun, mereka orang yang andil dalam kehidupan kita sebelumnya (jika sekarang udah enggak). Jadinya kita sekarang ini, tentunya karena adanya mereka juga kan?. Jarak boleh memisahkan kita, tapi jangan sampe semua kenangan kita menjadi terpisah juga. Semoga, kita semua dapat menjadi seseorang yang tidak kayak disebutin tadi. Amin. Yoroshiku ne~ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar