Selasa, 22 Oktober 2013

Shock? Iya. Seneng? Iya. Sedih? Iya.

     Mau dikata galau, sebenernya ini bukan galau. Mau dikatain kekalutan hati, ah itu mah terlalu berlebihan. Kontroversi hati? apalagi itu gak nyambung. Perasaan ini bermula dari adanya pengumuman daftar PKLP atau panjanganya Praktek Kerja Lapang Profesi. Mungkin agak beda dengan jurusan lain di kampus sendiri atau di kampus orang. Jadi sistem PKLP di jurusan saya itu ditentukan oleh panitia PKLP yang gak lain gak bukan dan tak terbantahkan adalah dosen-dosen khusus, salah satunya koordinator sebut saja Ibu Ave. Oke.
     Buat lengkapnya saya ceritain dari awal ya. Cerita pas masih saya di kandungan ibu. Oh enggak deh, itu mah kejauhan. Jadi cerita ini dimulai dari lama sih, tapi buat mempersingkat kata macem skripsi sekarang yaitu 5000 kata, jadinya dimulai dari hari kemarin (21 Oktober 2013). Pas saya lagi mau ke Departemen (nama untuk "jurusan" di IPB), tentunya Departemen KSHE, saya papasan sama Ade Surahman Sakam. Ade itu, seorang jomblo menahun yang giat mendapatkan cintanya. Oke, kayaknya itu gak penting. Jadi si Ade ini adalah komti (komandan titaheun //suruhan(sunda)//) haha :p. Bukan bukan komti itu komandan tertinggi alias KM atau Ketua Kelas kalo di SMA mah.

     Baru saja doi abis ketemu Ibu Ave di ruangannya. Di salah satu lorong, saya tetiba dicegat sama doi. Dan dengan mudahnya doi berkata,
   "Cil, lu udah nabung?"
   "Hah? nabung apa De? Oh PKLP?"
   "Iye, selamat ya!"
   "Hah? belum. Eh selamat apa De? Lu udah tau daftar PKLP"
   "Tadi liat di Bu Ave"
   "Terus gua dimana De?"
Doi cuman ketawa sambil berlalu nan berkata,
   "Nabung ya dari sekarang!"
   "De! Ade!"
Saya nyoba buat ngejar doi tapi kemudian saya terjatuh dan tersungkur. Oke, ini berlebihan banget. Makin penasaran lah saya, terlebih daftar ini belum juga keluar dari jaman Firauan maen sondah. Padahal dari daftar ini saya bisa tau dimana saya akan PKLP dan sama siapa. Biar bisa persiapan (ceritanya).

     Cerita berlanjut keesokan harinya, yaitu tadi pagi di kelas. Si Dinda, nama lengkapnya Adinda Pryanka. Dinda ini gadis berpipi korup, alias lebih. Jujur itu pipi lebih mirip bakpau. Mungkin ketika mukanya berminyak, pipinya lebih mirip bakpau goreng. Oke, pamali ngomogin orang. Lanjut!. Kita ngobrol sama si Tika, Nardy, Yusron. Buat ketiganya gak perlu gua jelasin ya deskripsinya. Lain kali aja, haha.

     Hasil percakapan tentang PKLP ini didapatlah bahwa si Dinda, terlempar ke Taman Nasional Ujung Kulon. Doi ditempatin sama si Ade, Rifky, Bety, Lupi, Wiwid, sama Mamat. Cuman Dinda sama Bety yang PKLP gak sekaligus penelitian skripsi di tempat. Makin teganglah, saya dan temins di kelas tuh. Was-was takutnya dapet lokasi yang gak sesuai keinginan ataupun dapet rekan yang... ah yasudahlah (you know what I mean) haha.

     Nah, tadi jam setengah 11an, ada kabar kalo daftar udah keluar. Dan you know saya dimana?. Tempatnya di Cagar Alam Gunung Mutis. Where is it? Timor Island, Nusa Tenggara Timur! Gimana? Jauh kan? Iya pasti jauh banget kalo jalan kaki dari Bogor. Itu tempat merupakan salah satu lokasi PKLP terjauh. Satunya lagi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Sulawesi Selatan. Selebihnya kawasan konservasi di Jawa sama Lampung. Ada sih di Bali sama Lombok. Di sono, saya bareng sama Ligar & Dewi (yang sekaligus penelitian) sama Budy & Lyan. Enak-enak untung dapet rekannya. Hehe~

     Shock? Iya pasti. Seneng? So yes. Gak nyangka aja dapet lokasi yang sebegitu jauhnya apalagi pas denger kabar itu lokasi berbatasan sama Timor Leste. Oh my, saya bisa jadi Bule. Mau gimanapun Timor Leste kan udah luar negeri bagi Indonesia. Lagian enaknya Masyarakat Timur itu ramah-ramah bukan? ini didasarin sama pengalaman saya waktu ke Maluku kemarin. Orang sana open banget bahkan bagi orang yang asing sekalipun. Great!. Terus juga dulu pernah kepikiran buat ngunjungin Nusa Tenggara Timur. Kece kan disana tuh alamnya.

     Tiada kesenangan tanpa berbalut kesedihan. Tsaah. Ada seneng, pasti ada juga sedihnya. Apa itu? everybody knows it's about MONEY. Idealnya semakin jauh perjalanan yang kita tempuh, makan semakin banyak pula pengorbanan yang kita berikan. Utamanya duit. Kalau mikir, berapa biaya yang harus dikeluarin buat transport aja? berapa buat biaya hidup? apalagi PKLP ini bukan seminggu 2 minggu. PKLP ini sebulan. Februari awal hingga akhir. Kalo ada sponsor sih syukur, walaupun ini sekarang mau ngusahain buat dapet sponsor. Tapi, amit-amitnya biaya sendiri gimana? Oh Lord. Untung diuntung, Ligar sama Dewi ini mereka dapet dana gratis dari proyekan dosen. Tapi malangnya, saya, Lyan, dan Budy gak sedemikian rupa. Kita bertiga mikir keras nih sekarang. Haha. Mohon doannya aja ya semoga ada pertolongan dana bagi kami~ Amin~

     Sebenernya daftar PKLP ini masih belum fix, mungkin aja bisa berubah tergantung kondisi. Nah, mudah-mudahan dimana aja saya nantinya dan temen2 lainnya PKLP pokoknya dikasih kelancaran deh. Mohon doanya. Toh, kalopun emang nanti saya jadi ke sana, saya pasti cerita. Kan lumayan ada bacaan juga bagi temen2 yang baca. Haha. Meuni ku ingin. Okelah, sekian dulu aja ceritanya. Udah banyak kayaknya ngomongnya, eh ngetiknya. Wasalam~

5 komentar:

  1. Baru baca Cil.. Haha, ngakak ane bacanya.. :D
    Gak kerasa sudah hampir berlalu satu tahun nih (sejak postingan ini muncul).. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Suf. Gua aja udah jarang buka ini. Sekalinya buka ternyata ada aja yang ngomen. Akhirnya gua gak jadi NTT. Jadinya Bali Barat kan tuh belum bikin postingan keburu lupa. Haha

      Hapus
    2. Oh iyaya, ane juga lupa kalau ente akhirnya ke Bali Barat..
      Btw ente gak buat postingan nih tentang pengalaman ente jadi jobseeker, hehe.. :)

      Hapus
  2. ngakak bgt bacanya....ini udah 2 tahun berlalu... bisa bayangin lah...hahahha

    BalasHapus