Senin, 31 Desember 2012

Fieldtrip to Bodogol, Gunung Gede Pangrango National Park.

     Siapa yang gak kenal fieldtrip? Ahelah fieldtrip itu pasti sesuatu yang dielu-elukan mahasiswa pas lagi jenuh sama aktivitas yang terus di kampus-kampus aja. Nah, bagi kebanyakan mahasiswa di berbagai jurusan, fieldtrip itu merupakan JALAN-JALAN. Begitu pun dengan gua yang jurusannya doyan banget "fieldtrip". Tapi agaknya aneh atau total salah ya dengan kata-kata fieldtrip. Ya, gua lebih pantesnya sering ngelakuin PRAKTIKUM LAPANG.
Terus emang bedanya dimana? Bedanya jelas di akhir perjalanan. Kalau fieldtrip udahnya asik banget istirahat seenak udel badak. Nah kalo praktikum lapang, udahnya pusing badai mesti ngurus laporannya (Oooohh...). Beda banget kan? (Banget!).
     Loh terus kenapa judulnya mesti "fieldtrip" gak "fieldpractice" aja? Ah itusih maunya gua aja biar keliatan keren. Huahaha. Okelah gak masalah banget dalam pemilihan frasa kata. Kita mulai back to the topic. Nah jadi tanggal 28-29 Desember kemarin itu adalah "fieldtrip" terbaru yang udah gua lakuin sama temen-temen jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB. Agak beda dengan jurusan lain, jadi jurusan gua tuh sering banget ke lapangnya. Salah satunya kemarin itu ke Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Berangkatnya itu jumat pagi, pakai truk. Biasalah anak kehutanan mainannya truk beda sama jurusan lain yang doyannya bis. Haha. Tanpa dihadapkan macet, kami nyampe jam 11. Siap-siaplah jumatan dulu di kompleks situ. Ini belum nyampe camp loh. Masih jauh dibawah. Sementara yang cewek pada duluan ke camp di kaki Gede sana.
     Jumatan beres. Kamipun langsung cus ke camp. Jalanan setapak pertama ngelewatin ladang warga. Dan itu ternyata lumayan jauh juga. Tiba-tiba turunlah hujan disitu, alhasil jibrug ria tapi untungnya gua bisa pake raincoat. Jadi minimal banget jibrugnya. Terus jalan. Taunya busneeet emang jauh banget. Hampir 2 jam kami jalan akhirnya nyampe gerbang PPKA Bodogol. (Yeeee..) Itupun masih harus nanjak tangga yang tak terhingga untuk sampai camp. (Oh nooo.. -_-") Okelah terus nanjak, masa rimbawan lemah?! Huehe ehem.

     Karena kesana bukan untuk fieldtrip yang sesungguhnya apalagi buat liburan, jadi sorenya kami langsung dinas. Oh iya jadi gua kesana tuh demi praktikum lapang mata kuliah inventarisasi dan pemantauan satwaliar. Jadi intinya kesana buat pengamatan satwaliar. Mamalia, burung, sama herpetofauna. Pagi, sore, dan malam. Cuman sehari sih jadi cuman 3 kali pengamatan. Okeeh untuk hasil pengamatan lain kali gua nulis di entri baru ya. (Okesip!) Nah setelah pengamatan sore, gua istirahat. Malamnya lanjutlah pengamatan herpetofauna. Tua gak herpetofauna? Itu tuh bangsa reptil sama amfibi gitu. Udahlah jam 9 malem beres, lanjut ke kamar dan akhirnya tidur!

     Paginya, pengamatan lagi sampai jam 9-an. Nah untungnya udah itu tuh bebas, akhirnya gua sama temen-temen dan asprak (asisten praktikum) melanjutkan perjalanan (ini baru niatnya jalan-jalan) ke canopy trail. Gimana enggak, disini kan terkenal sama canopy trail-nya. Masa udah jauh-jauh ke bodogol gak ke canopy trail. Rugi banget. Itulah yang ada dipikiran gua. Hhaha. Setelah singgah di menara pengamatan, panggung (balkon) pengamatan, terus menuruni anak tangga yang tak terhingga, sampailah kami di canopy trail. Wow ternyata keren juga. Gak kalah sama yang ada di luar negeri. 
     Nah intinya sih gua pengin sombong gitu udah mengunjungi canopy trail. Hahaha. Astagfirulloh. Enggak lah, naitnya gua pengin nulis aja ini mah ciyus. Pengin dari kemarin-kemarin baru keniatan sekarang. Oh iya, buat yang mau penelitian, PPKA Bodogol ini recommend banget loh. Campnya enak, lokasi pengamatannya enak, petugasnya juga ramah. Oke oke selamat mengunjungi PPKA Bodogol TNGGP. Oh iya mengutip pesan yang ada di papan interpretasi, kalau kesana "Jangan mengambil apapun kecuali foto!". Berhubung foto boleh, jadi nih gua liatin beberapa foto disana (foto narsis sih) Huahaha. Cekidot! 

#1 Gaya Kelompok 1 di Gerbang PPKA Bodogol

 #2 Papan Interpretasi TNGGP

#3 Camp PPKA Bodogol

#4  Gaya dikit di papan interpretasi PPKA Bodogol

#5 Monster siap makan pagi

 #6 Serius dikit nyusun laporan sementara


 #7 Gaya di Balkon Pengamatan

#8 Pemandangan dari Balkon Pengamatan

#9 Canopy Trail PPKA Bodogol TNGGP

#10 Meniti hati-hati di Canopy Trail

#11 Bergaya di Canopy Trail

#12 Kumpul sebelum kepulangan

#13 Pengarahan dari dosen sebelum kepulangan

#14 Narsis dikit sebelum kepulangan

#15 Gaya di truk. Ya, di truk!

2 komentar: