Rabu, 11 Mei 2016

AKU DAN PAPUA! Episode 2 : MAMIT (Bagian 1)

Pagi-pagi sekali gua and team sudah tiba di Bandara Wamena. Jadi penumpang teladan! Haha. Serius pagi itu Wamena dingin banget, pasti kira-kira di bawah 25 derajat selsius! Waktu itu, gua and team gak masuk ke terminal penumpang. Kami langsung ke kantor Alda Air. Ada yang baru denger sama Alda Air? Kalau Alda Risma mah sering kali ya.. Hiiii... But anyway kalau belum pernah ke Papua pasti asing banget sama maskapai yang satu ini. Jadi....

Jadi... ALDA Air ini salah satu maskapai yang melayani penerbangan di wilayah-wilayah pedalaman Papua. Jenis pesawatnya Cessna C208 B Grand Caravan EX dengan kapasaitas seat 12 orang. Pada saat itu, pertama kalinya gua naik pesawat yang seatnya makin sedikit. Terakhir paling sedikit seatnya pas ke Bua,Luwu dari Makassar naik Susi Air jenis Twin Otter yang kapasitas seatnya 18 orang. Nih penampakannya!
Kiri : Pesawat Alda Air (tapi maaf ada penampakan lain tuh merusak, maafkeun. Kanan : Pesawat Susi Air, yang fotonya minjem planespotter.net karena foto aslinya ada di laptop lain, maafkeun lagi..

Oke, back to the airport!. Jadi gua and team karena naiknya Alda Air sehingga kami punya jalur khusus buat ke apron (apron itu tempat parkir pesawat, dan Alda ini parkirnya di pinggiran gitu). Eh tapi, gak jalur khusus juga sih, sama aja kayak penumpang lain cuman gak lewat terminal keberangkatan aja.

Pagi-pagi, kami udah siap. Pilot udah siap. Pilot Alda Air saat itu orang Indonesia asli, jadi kita lebih enak ngobrolnya tentang rencana kita menuju Mamit. Gak usah bawa kamus oxford gak usah mikir kalau ngomong, karena di cerita selanjutnya pilot pas ke tujuan lain itu foreigner alias bule. Penasaran kan kenapa? Hah? Enggak? Oh yaudah. Lanjut aja cerita ini ya. :(

FYI, Mamit itu sebuah distrik (atau kita lebih kenal sama istilah kecamatan, di Kabupaten Tolikara). Pernah denger dong Tolikara? Oke, gak usah bahas jauh. Jadinya tuh FYI again, penerbangan lokal di Papua tuh rata-rata flight pagi sampe dzuhur lah kurang lebih. Soalnya flight di Papua itu kendalanya cuaca karena topografinya yang berbukit-bukit. Uuuuh~ bukit.. Eh, berbelit gak sih cerita gua ini? Maaf lahir bathin ya.

Bismillah aja waktu pas masuk ke dalem pesawat. Jadi, ke FYI again (2) -- serius sering banget FYInya jadi bosen semoga yang baca juga iya, eh enggak maksudnya-- Mamit itu ada 2x penerbangan reguler selama seminggu. Ya, selama seminggu. Dan kudu mesen jauh-jauh hari (biasanya kalau rame..). Berhubung juga pada waktu itu sebenernya bukan jadwalnya, kamipun nyarter itu pesawat. Bikin lemes pas tau harga nyarter, haha butuh berapa bulan tuh kalau gua nabung sebulan 1 juta! Haha. Keleus.

Penerbanganpun dimulai. Ternyata si Pak Pilot sendirian. Gak ada itu istilahnya co-pilot apalagi pramugari ya... hahahha. Sementara gua and team totalnya ada 5 orang. Jadi di pesawat pada saat itu ada 6 orang. Cuaca pagi itu syukurnya cerah, sehingga perjalanan yang menegangkan karena kebilang terbang rendah dan pemandangannya bukit-bukit kayak foto di bawah ini, rasanya gak menjadi-jadi karena gak ada turbulensi, cuman lelenyapan (sundanese/ means kayak hati jatuh -- apa pula nyari sinonimnya haha--) doang. Perjalanan lebih kurang cuman 15 menit. Sebentar kan?

Pemandangan dari jendela kurang lebih kayak gini lah..
Oh iya, gua waktu itu duduknya belakang Pak Pilot, biar bisa liat monitornya sama bisa liat doi ntyetir pesawat kayak gimana. Haha. Di pesawat pilot gak bisa banyak ngobrol sama kita. Pertama, bahaya atuh coy! kedua, percuma gak kedenger kudu teriak-teriak masa macem nonton konser band rock and metal. Cadas!

Sebagai bukti aja ya... Hahaha
Setelah 15 menit mengudara, akhirnya siap juga kami mendarat di Mamit Airport. Plisdeh jangan ngeledek! yang bener Mamit Airstrip. Airstrip juga udah alhamdulillah :(. Pengen tau bedanya airport sama airstrip? Googling aja usaha dikit lah. Haha :peace:

Siap mendarat kapteeeeen!!!
Perdana nih, mendarat di airstrip. No aspal, yang ada kerikil dan tanah yang sudah berumput. Pas sebelum mendarat tiba-tiba bunyi semacam alarm yang bikin bising dan kaget. Huh hah huh hah. Taunya....


Taunya....


Eh taunyaa.....


Emang kece Pak Pilot satu ini. Mendaratnya soft banget~ lebih soft daripada maskapai raja rimba itu tuh. Hahaha. Jam terbangnya coy! Kelas! Akhirnya, kami tiba di Mamit. Perdana pula pas baru aja mendarat udah dikerubunin macem kue ulang tahun dikerubunin semut. Duh, emang baik-baik orang Mamit nyambut kita (Pede lau ndro!).

Turunlah kita, si Pilot yang ngurus sendiri. Buka pintu, ngarahin kita, nurunin barang. Serius! Termasuk nurunin barang. Pilot-pilot pesawat perintis tipikalnya gitu. Ini gak bohong, NYATA!. Tapi diantara masyarakat setempat suka ada aja PJ-nya yang ikut bantu si Pak Pilot.

Puji Syukur kami sampai di Distrik Pertama untuk kerja. Kerja? Iya kerja kan tujuannya juga bukan holiday. Holiday itu cuman selingan. Hmmmmm.

Mamit Airstrip. Bener-bener airstrip kan? Gak bohong...

-Bersambung






3 komentar:

  1. wih keren banget pemandangannya.....
    apa aku bikin yang mapia juga?????
    haaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tulis aja super langka loh orang Indonesia yang dateng ke Pulau Mapia! haha

      Hapus
  2. Himakova selalu di hati ya.. Meski udah jadi alumni, kalau ke lapang enaknya emang pake baju lapang Himakova, haha..

    BalasHapus