Senin, 09 Mei 2016

AKU DAN PAPUA! Episode 1 : WAMENA (Bagian 1)



Hello goodpeople and badpeople! Udah lama siah gua gak muncul di blog gini. Apa cobraaa? Baik? Sehat? Tadi sore tiba-tiba ada seseorang yang chat via Instagram agar gua nulis cerita tentang Papua jangan cuman share fotonya aja di Instagram. Jujur, emang pengen banget dari kemaren-kemaren.. Tapi malesnyaaa.. Syumpeh! tapi insyaAllah deh gua mulai mau cerita pengalaman gua tentang Papua dan mencoba mengingat setiap moment dan mencoba merangkaikannya #Tsaaah.


Cerita ini kali ketiga gua ke Papua. Namun bukan hanya Sentani, Kotaraja, atau Jayapura saja. Hellow hari gini masih aja ngubek disitu (Hahaha songong..). Gua mengunjungi 6 kabupaten di Papua. WOW gak? Enggak? Oh, yaudah. Tapi gak apa-apa ya saja lanjut cerita. (Ya Allah hamba gak maksud riya..)

Cerita perjalanan pertama dimulai dari Kotaraja ke Wamena. Oh, Kotaraja ini merupakan kecamatan di Kota Jayapura. Jadi, kalau ibarat camp, Kotaraja ini menjadi basecamp gua and team kalau gua kerja di Papua. Dan bicara Wamena, FYI Wamena ini ibukota Kabupaten Jayawijaya, yang letaknya di Lembah Baliem. Kalau lo dulu doyan liat Jejak Petualang, pasti gak bakalan asing sama istilah ini.

Pagi-pagi sekali, gua and team berangkat dari Kotaraja menuju Bandara Sentani. Kami memilih penerbangan pagi biar bisa lama istirahat di Wamena. Sebenernya tujuan utama gua waktu itu (kerja ya tujuan utamanya bukan liburan) bukanlah Wamena, tapi kabupaten tetangganya.

Penerbangan dari Sentani ke Bandara Wamena, banyak kok setiap hari kecuali minggu pagi ya karena mayoritas masyarakat Papua kan Kristiani jadi minggu pagi adalah waktunya ibadah stop dulu aktivitas lain. Penerbangan dari Sentani ke Wamena pada saat itu gua pake maskapai Trigana Air, waktu tempuhnya 30 menitan. Beda sama Wings yang bisa 1 jam. Gua kurang tau dan paham ya kenapa kalau pake Wings lebih lama. Mungkin kalau Wings main dulu ke Raja Ampat atau Komodo Island. Oke, lupain aja gak lucu. Sepanjang perjalanan di udara, hamparan pegunungan tengah khas Papua, batu-batu menjulang tinggi sekilas terlihat seperti ada es-es (ini mungkin hiperbola dari batuan macem kapur yang mirip bongkahan es), menemani saat-saat terakhir sebelum pesawat mendarat di Bandara Wamena. Alhamdulillah cuaca cerah walaupun saat itu lagi musim hujan. Lancar gak ada turbulensi.

Tiba akhirnya gua and team sampai di Bandara Wamena. Jangan pikir Bandaranya macem Soetta apalagi Sepinggan ya (serius loh ini). Bandaranya masih sederhana, khususnya terminal kedatangan sama keberangkatannya. Dindingnya kayu dan asbes dilapisi kawat BRC. Nih penampakannya!

(Source : detik. Sesungguhnya memalukan karena gua gak punya foto sendiri...)

Eiiiiiits tapi jangan salah, itu waktu gua ke situ akhir 2015-an. Sekarang terminalnya udah keren bisa dibilang udah modern bisa nyaingin Sentani. Nih penampakannya!


(Source : Tribun News. Lagi-lagi gua gak punya fotonya... Sedih...)

Oke, sampai disana, gua merasa seperti turis karena banyak mata tertuju pada gua (Aih narsis geuleuh coy!). Banyak yang nawarin taksi atau ojek. Tapi untungnya gua and team udah ada yang jemput. Bang Aco! Pria keturunan Maluku yang udah lama di Wamena. Bahkan lahirpun di Wamena. Cuman gak ngelahirin aja di Wamena (Iyalaah Coy dikata Bang Aco Bapak Prenagen?). Bang Aco ini super banget orangnya, bisa dibilang hampir semua orang di Wamena kenal doi. Serius gua gak bohong. Oh iya, di Bandara Wamena itu ada bapak-bapak yang cuman pake koteka aja sama hiasan di leher dan kepalanya. Khas Papua gitulah you know. Gua yang excited mau foto tiba-tiba dilarang Bang Aco. WHY? BECAUSE, sekali lo foto maka lo harus bayar. Dan orang Papua cerdas mintanya gak mungkin limaribu-sepuluhribu. Malah bisa Rp50.000 sampe Rp100.000. Untunglah, lumayan duitnya buat dipake... (dipake buat apa? Dipake buat sesuatu di paragraf selanjutnya.. haha)

Di Wamena kami menyewa kamar di hotel Baliem Pilamo. Kami milih disini karena deket sama tempat kerjanya Bang Aco, terus lumayan dekat juga dari Bandara. Satu hal yang penting di Wamena susah sinyal internetnya minta ampun. Tobaaat. Padahal yang dipake Telkomsel, apalagi kalau 3 (Gak ngeledek loh 3, waktu kesana gua pake dual sim dan sinyal 3 emang gak ada sama sekali). Sebagai insan sosial media dan perinternetan yang tak pernah padam, akhirnya gua kepaksa lah beli wifi hotel sejam Rp20.000 (bukan beli routernya ya tapi username doang kok sama password). Eh wait, beli?. Ya, wifi hotel disini BELI. DUA PULUH RIBU. Buat orang Papua Rp20.000 mah gak ada apa-apanya serius, beda kalau kata orang dari Pulau Jawa. Tapi, it’s OK yang penting gua gak mati gaya! Tapi nyana-tak-dinyana, percuma beli juga. Wifinya sama-sama bapuk, akhirnya ngemedsos seadanya. Bisa dilihat di sosial media gua yang minim pada saat itu. Seharian gua and team hanya di hotel gak kemana-mana cuman nyiapin logistik yang mau dibawa dan sisanya dititip di tempatnya Bang Aco, karena jujur riweuh kalo harus semua logistik dibawa apalagi baju yang sekoper!

Hingga malam pun datang kami makan malam seadanya yang dibeliin sama Bang Aco. Nasi bungkus biasa. Yang penting Halal yowes kita makan. Oh iya, Wamena sama kayak Jayapura udah banyak pendatangnya. Jadi buat Muslim jangan takut nyari makanan disini. Bahkan sebagai orang Sunda, gua bangga ketika bisa lihat gerobak yang menjual “KAREDOK”. Haha spread banget ya orang-orang di Indonesia. Ok, malam makin larut kami istirahat. Oh, iya Wamena itu dingin banget rata-rata malemnya bisa nyampe 18°C. Gak perlu AC sialnya gak ada selimut tebel! Alhasil kedinginan karena cuman modal sarungan doang.

Besok paginya, subuh tepatnya. Gua and team harus siap-siap menuju Bandara. Tujuan utama yaitu KERJA kudu sesegera mungkin dijalankan. Dengan perasaan mengantuk dan agak linglung gua and team pergi ke Bandara Wamena dengan logistik yang gak bisa dibilang sedikit. Udah berasa mudik di Papua bawa alat-alat kerja sama alat pengenyang perut alias makanan. Perjalanan selanjutnya yaitu menuju Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara! Let's Go!

-BERSAMBUNG

1 komentar:

  1. Kereeenn..

    Terbukti berarti ente Gung kalau ke sana buat kerja, soalnya ampe gak sempat foto-foto di bandara, hehe..

    BalasHapus