Rabu, 20 Maret 2013

"Nak, jadilah seperti pohon.."


     Ya, apa kabar? kelamaan nyelem nih gua udah jarang banget nulis. Kali ini ditemani hujan rintik-rintik diluar sana gua mau nyoba nulis tentang sebuah cerita. Tepatnya "Nak, jadilah seperti pohon.." ini adalah nasihat dari ibu gua.

     Suatu malem, gua sama ibu (biasanya manggil mamah dan sekarang gua ganti subjek ibu jadi mamah ya jangan komplen, okesip!) lagi tiduran di depan tv. Oh iya ada bapak juga deh di sebelah hehe. Kurang satu aja kakak gua yang kebetulannya lagi gak pulang ke rumah. Nah seperti biasa kalo lagi ngumpul gitu, nonton acara di tv yang bisa bikin ketawa bareng ngakak-ngakakan. Kebetulan favoritnya itu OVJ sama Pas Mantab. Itu karena kami sekeluarga ngefans banget sama Sule. (Kyaaaa Kang Suleeee :3). Oke, gua mulai alay, back to normal. Setiap iklan, mamah pasti ngajak ngobrol tentang kehidupan gua disini (re: perantauan). Entah iklan keberapa pas nonton OVJ, si mamah tiba-tiba berpesan dan pesan ini telah gua sedikit modifikasi dan gua terjemahin kedalam Bahasa Indonesia yang gak tau baik dan gak tau benar. Gini, 
"Nak.. kamu harus jadi seperti pohon". 
Denger tiba-tiba mamah ngomong kayak gitu gua jadi heran. Tau banget kalo gua anak kehutanan jadi analoginya pohon (Haha). Nah, akhirnya gua tanya, 
"Emang kenapa Mah?". 
Dengan ekspresi serius si mamah ngejawab sementara si bapak hanya fokus ke tv (tapi kayaknya sih ngedenger juga // yaiyalah).
"Iya, coba aja liat pohon. Sedari kecil dirawat, disiram, dipupuk sama pemiliknya. Nah akhirnya dia bisa tumbuh-tumbuh-terus rumbuh sampe gede. Dan apa yang terjadi? Pohon tersebut memberikan manfaat balik bagi si pemiliknya. Bahkan bagi orang lain."
Gua ngedengerin nasihat si mamah sambil terus heran kok si mamah bisa jadi keren gitu. Apa yang telah dimakan beliau pas tadi siang pas kita makan siang bareng? Oh, sepertinya Tuhan telah memberikannya ilham atas semua perkataan beliau. Pikir gua simpel. Dan akhirnya gua minta si mamah buat nerusin nasihatnya.
"Nah kamu pun harus demikian, seperti pohon. Anggep aja mamah ini pemilik pohon. Mamah bukannya pamrih dan ingin kamu membalas budi. Tapi suatu kebanggaan dan kebahagiaan yang luar biasa buat mamah dan bapak kalo kamu bisa seperti itu. Mamah gak bisa ngasih kamu apa-apa selain ilmu. Salah satu cara kami ya dengan menguliahkan kamu, Alhamdulillah kamu bisa kuliah sampe sekarang. Itu semua mamah sama bapak lakuin biar kamu bisa lebih dari kami. Seenggaknya obat buat kami karena kami sekolah gak sampe perguruan tinggi."
Sementara mamah masih ngelanjutin nasihatnya, OVJ yang tadinya kami tonton akhirnya gak menjadi fokus. Kami fokus sama percakapan yang lagi syahdu ini. Eh, ternyata si bapak pun ngerti. Beliau segera mengecilkan volume tv. Percakapan kamipun berlanjut. Dan mamah kemudian melanjutkan perkataannya,
"Semoga aja nantinya setelah lulus kamu bisa lanjut S2 dapet beasiswa. Kalopun enggak lanjut langsung kamu bisa cari kerja dulu. Nah, S2 bisa sambil kamu kerja. Kalo udah sukses kan siapa yang pertama paling seneng? pasti orangtua yang pertama seneng dan bangga. Nah, kamu anggep kasih sayang dan perjuangan kami itu sebagai perawatan bagi si pohon oleh pemiliknya."
Sumpah pada saat itu kondisinya pas banget buat si mamah ngasih pencerahan, ngasih nasihat, dan pelajaran hidup kayak gitu. Subhanallah banget pokoknya, feelnya dapet banget. Omongan mamah masih berlanjut,
"Pas kamu sukses nanti, itulah disaat kamu udah seperti pohon yang telah tumbuh gede. Pohon yang daunnya lebat, pohon yang rindang, dan pohon yang berbuah.  Yang pertama mendapat manfaat pasti pemiliknya. Pun seperti itu, kamu nantinya dapat memberi manfaat manfaatkan untuk kebaikan diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Satu hal yang harus kamu inget, sayangilah kakakmu. Gak bosen mamah ingetin itu dan kamu juga jangan pernah bosen."
Emang banget nih, nasihat mamah yang satu ini sering banget mamah ucapin. Bagaimanapun setelah kepergian orang tua, si aa lah yang menjadi pengganti mereka. Dan hal yang selalu gua inget adalah semua jasa dan cinta si aa buat gua sehingga gua bisa sampe sekarang. Aseli, gua bangga banget punya kakak kayak dia. Dia yang bisa bijak dan ngalah. Dia gak pernah pamrih akan sesuatu. Dia gak pernah lelah untuk coba selalu ada ketika gua butuh, apalagi menyangkut finansial. Ok, sekilas itu. Mari lanjut ke cerita.
"Mamah sama bapak sangat ngarep banget kamu bisa jaga kakakmu. Sayangi dia. Bantu dia ketika dia butuh kamu. Bahkan ketika dia gak butuh kamupun kamu harus selalu bantu dan ada buat dia. Dan inget keluargamu yang lain, ketika mereka membutuhkanmu sebisa mungkin kamu harus memberikan bantuanmu pada mereka. Sama seperti pohon-pohon yang gede. Pohon yang mamah maksud itu pohon yg dapet ngasih manfaat sebanyak-banyaknya buat lingkungannya. Dan kamu harus mampu seperti itu. Satu hal lagi, sayangilah kami. Doakan yang terbaik buat kami. Kami selalu mendoakan yg terbaik buat kamu, setiap waktunya."
Gua sungguh speechless pada saat itu dan hanya bisa meluk si mamah yang ada di sebelah. Dan akhirnya gua pun bilang,
"Iya mah. Pasti!"
Nasihat ini akan selalu gua inget. Pasti. Gua harus kayak pohon idaman mamah sama bapak. Dan gua harus mempunyai keyakinan kalo gua bisa seperti apa yang keluarga gua harapin. Maaf kalo ceritanya agak gak meaning. Semoga saja Tuhan mengabulkan mimpi ini. Dan semoga yang nulis dan yang ngebaca ini tulisan, dapet manfaat sebanyak-banyaknya dari nasihat dan pelajaran hidup ini. Amiin.

Oke demikian sekilas info, saya Agung Gunadi Andrian akan kembali kapan-kapan. Wasalam. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar